CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 07 April 2009

Menjaga Ular Dan Cara Merawatnya

Ular adalah Binatang yang termasuk sulit untuk di rawat, dari cara makannya, sampai menjaganya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat ular peliharaan:
1.Memberinya makan setiap 26-40 hari sekali (untuk ular kecil, boleh di beri tikus putih, dan jangan tikus hitam, sebab.. tikus hitam adalah penyebar penyakit PES, dan jika ularnya sudah besar, boleh diberi makan kelinci yang tidak terserang rabies.
2. Memberi suplemen, atau obat cacing dengan cara, tikus/kelincinya, di lumuri obat cacing.
3. Memandikannya 2 minggu sekali, dengan cara membasuh ular tsb dengan sedikit air. kemudian berilah dia sabun bayi yang lembut, karena kalau sabun itu terlalu keras, bisa bisa sisik ular menjadi kasar, lengket, dan kering, jadi pakai sabun mandi yg lebut (Kodomo, My baby, Zwitzal, Dll). Kemudian sebelum di bilas, gosok kulitnya perlahan menggunakan sikat yang lembut, untuk menjaganya dari kutu kutu yang ada di sisiknya. Setelah itu, Bilas dengan gerakan menggosok pelan, kalau sudah tidak ada sabunnya, usap dengan kain yang basah oleh air hangat, sebagai penyeimbang suhu tubuh. (Usahakan, 47 menit setelah mandi, lumuri ular dengan hand body lotion untuk menjaga kelembutan sisiknya)
4. Menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, 5 s/d 25 menit 2 hari sekali.
5. menaruhnya di terarrium (Post terakhr dari blog ini, ada cara pembuatan terarrium

0 komentar: